Guru yang Kharismatik Seperti Apakah?

Guru yang Kharismatik Seperti Apakah?
Di Posting Oleh : Admin
Kategori : Artikel Pendidikan Blog Tutorial, Teknologi dan Kesehatan: Mangaip Blog | Berita Terkini dan Terbaru: Terbaru Online

Tidak bisa dipungkiri, berhasil atau tidaknya program pendidikan mayoritas dipengaruhi sang factor guru. Kurikulum jelek sekalipun ditangan pengajar yg baik akan manis hasilnya, kebalikannya sebagus apapun kurikulum hasilnya jadi ambaradul bila dijalankan sang pengajar yang nir kompeten. Demikian juga guru yg baik menggunakan pendekatan pembelajaran sinkron menggunakan syarat murid sehingga pencapaian siswa menjadi optimal.

Tetapi nir relatif pengetahuan & keterampilan mengajar saja yg harus dimiliki oleh seseorang guru. Kepribadian, konduite & tingkah laris pula menghipnotis. Dan seseorang pengajar akan lebih berhasil lagi kalau dia tampil kharismatik.

Guru yang kharismatik, tanpa berbicaradan tanpa melakukan sesutupun, orang dan siswa telah mengaguminya. Apalagi ketika ia berbicara orang-orang akan  memperhatikan dengan seksama, seolah-olah tidak mau melewatkan satu katapun yang terucap dari mulutnya. Seprti itulah mereka yang memiliki kahrisma yang kuat.

Guru yang kharisatik atau mempunyai  karisma yang kuat setidaknya memilki wawasan yang luas dan menguasai keilmuan yang mendalam. Wawasan yang luas memuat ia dapat beradaptasi dengan cepat dalam lingkungan dan kondisi apapun. Keilmuan yang dalam dapat menempatkan  pembicaraan berdasarkan fakta-fakta dan bukti-bukti yang valid. Sehingga apa yang dilakukan dan apa yang disampaikan dapat diterima dan dipahami semua orang.

Tuntutan sebagai seorang guru sebagai sumber ilmu adalah dapat mentransfer pengetahuan dan keilmuan kepada siswa. Dan ini bukan pekerjaan yang mudah. Lalu  bagaimana agar ini berhasil. Hal pertama yang  perlu dikembangkan adalah kepribadian agar menjadi seorang guru yang kharismatik.

Dengan bekal keilmuan  dan wawasannya, pribadi  yang kharismatik dapat menjadi magnet yang dapat menarik perhatian orang khususnya peserta didik. Nah berikut ini langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk menjadi pribadi yang kharismatik.

1.    Prilaku yang Sejalan dengan Tujuan

Tujuan yang jelas merupakan dasar bagi seseorang untukmencapai apa yang diharapkannya. Tujuan seorang guru adalah menebarkan kebaikan.olehkarena itu diharapkan seorang guru memiliki prilaku sejalan dengan tujuannya.

Menyelaraskan prilaku dengan tujuan dapat membantu seseorang untuk dipercaya oleh orang lain. Dengan demikian kepribadian guru akan lebih kuat dan sesuai dengan yang diharapkan setiap orang.

2.    Prilaku yang Bisa Dibanggakan

Dengan sikap yang etik maka akan muncul sikap atau prilaku yang bisa dinaggakan. Dengan demikian, kepercayaan diri meningkat dan guru dapat melakukan hal-hal positif yang bermanfaat.

3.    Sabar dan Penuh Keyakinan

Sifat sabar dan prilaku sabar yang didukung dengan keyakinan akan menimbulkan citra diri yang sempurna. Sifat dan sikap seperti itu selalu mendatangkan respon positif dari orang lain sehingga seorang guru menjadi pribadi yang memikat.

4.    Teguh Pendirian

Cita-cita adalah harapan yang dibangun melalui proses yang diperjuangkan. Keteguhan menjalani prose situ yang membuat seseorang menjadi lebih kharismatik dan mampu memikat orang lain.

5.    Konsisten

Dengan  melihat kenyataan tersebut, seorang guru akan dapat mengerti dan memahami bahwa konsisten pada hal-hal yang baik akan menciptakan situasi yang membahagiakan. Ketika orang lain menerima bias menerima bias kebahagiaan kita, maka ia akan datang pada kita dengan penuh kegembiaraan pula.

Kharisma seseorang tidak muncul begitu saja. Tapi harus dibangun sejak dini dengan prilaku-prilaku yang baik secara konsisten. Prilaku-prilaku yang baik ini hanya akan dapat dilakaukan oleh orang-orang secara konsisten mengaplikasikan ilmu dan pengetahuannya untuk mencapai kebaikan. Capaian kebaikan inilah yang akan memencarkan cahaya kharismatik.

Catatan:

1.Sebagian  Gambar diambil dari google

Materi di kutip dari : Silviana Mardiana "Ilmu Publik Speaking untuk Guru" Araska Publisher Yogyakarta( Halaman 10 -15)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengembangkan Pendidikan Karakter Melalui Tindak Tutur Direktif Guru di Kelas: Studi Eksploratif Kebijakan Sekolah Ramah Sosial di RSBI Kabupaten Ponorogo

PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER PADA MATA PELAJARAN FISIKA MELALUI PEMBELAJARAN SALINGTEMAS Di SMA NEGERI I TANAH JAWA